Jumat, 09 Desember 2011

teknik dan peraturan permainan bola basket


Bola Basket (biasanya dijuluki "B-bola" atau "lingkaran") adalah olahraga tim di mana dua tim dari lima pemain mencoba mencetak poin dengan melemparkan atau " menembak "sebuah bola melalui bagian atas ring basket saat mengikuti seperangkat aturan . Basket adalah salah satu olahraga dunia yang paling populer dan banyak dilihat.
Sebuah ring basket regulasi terdiri dari pelek 18 inci dan diameter 10 meter dipasang pada papan . Sebuah tim dapat mencetak gol lapangan dengan menembak bola melalui ring saat bermain reguler. Sebuah field goal skor dua poin untuk tim menembak jika seorang pemain menyentuh atau dekat dengan lingkaran itu dari garis three-point , dan tiga poin (a "3 pointer") jika pemain adalah "di luar" garis tiga titik. Tim dengan poin lebih pada akhir pertandingan menang, tapi waktu tambahan (lembur) dapat dikeluarkan ketika pertandingan berakhir dengan dasi. Bola bisa maju di pengadilan dengan memantulkan itu sambil berjalan atau berlari ( dribbling ) atau diteruskan ke rekan satu tim. Ini adalah pelanggaran ( bepergian ) untuk berjalan dengan bola, membawa , atau untuk ganda menggiring bola (untuk menahan bola dan kemudian melanjutkan dribbling).
Berbagai pelanggaran yang umumnya disebut "pelanggaran". Mengganggu kontak fisik (a busuk pribadi ) adalah dihukum, dan lemparan bebas biasanya diberikan kepada pemain ofensif jika ia mengotori saat pemotretan bola. Sebuah pelanggaran teknis juga dapat dikeluarkan ketika pelanggaran tertentu terjadi, paling sering untuk melakukan tidak sportif pada bagian dari pemain atau pelatih . Sebuah pelanggaran teknis memberikan tim lawan sebuah lemparan bebas.
Basket telah berkembang teknik yang umum digunakan banyak menembak, melewati, dan menggiring bola, serta khusus posisi pemain dan struktur ofensif dan defensif (pemain posisi) dan teknik. Biasanya, anggota tertinggi dari suatu tim akan bermain "pusat" , " kecil ke depan ", atau" kekuatan maju "posisi, sementara pemain lebih pendek atau mereka yang memiliki keterampilan penanganan bola terbaik dan bermain kecepatan" point guard "atau" shooting guard " .
Sementara basket kompetitif hati-hati diatur, banyak variasi basket telah dikembangkan untuk bermain santai. Basket kompetitif terutama olahraga yang dimainkan di dalam ruangan dan dipelihara dengan hati-hati ditandai lapangan basket , namun variasi yang kurang diatur sering dimainkan di luar ruangan di kedua kota dan pedesaan.
adapun teknik-tekknik permainan bola basket diantaranya :

  • Teknik Melempar (Passing)

          Macam-macam passing/operan dengan dua tangan :
              1. The two hand chest pass : operan setinggi dada/ tolakan dada
              2. The over head pass : operan atas kepala
              3. The bounce pass : operan pantulan
              4. The under hand passa : operan ayunan bawah
          Macam-macam operan dengan satu tangan :
              1. The side arm pass/the base ball pass : operan samping
              2. The lop pass : operan lambung
              3. The back pass : operan gaetan
              4. The jump hand pass : operan lompat
Lemparan tolakan dada dengan dua tangan
Lemparan atau operan ini merupakan lemparan yang sangat banyak dilakukan dalam permainan. Lemparan ini sangat bermanfaat untuk operan jarak pendek dengan perhitungan demi kecepatan dan kecermatan dan kawan penerima bola tidak dijaga dengan dekat. Jarak lemparan ini antara 5 sampai 7 meter.
Lemparan samping
Lemparan samping berguna untuk operan jarak sedang dan jarak kira-kira antara 8 sampai 20 meter, bisa dilakukan untuk serangan kilat.
Lemparan di atas kepala dengan dua tangan
Operan ini biasanya digunakan oleh pemain-pemain jangkung, untuk menggerakkan bola di atas sehingga melampui daya raih lawan. Operan ini juga sangat berguna untuk operan cepat, bila pengoper itu sebelumnya menerima bola di atas kepala.
Lemparan bawah dengan dua dua tangan
Lemparan atau operan ini sangat baik dilakukan untuk operan jarak dekat terutama sekali bila lawan melakukan penjagaan satu lawan satu.
Lemparan kaitan
Operan kaitan sebaiknya diajarkan setelah lemparan-lemparan yang lain dikuasai. Operan ini digunakan untuk dapat melindungi bola dan mengatasi jangkauan lawan terutama sekali bagi lemparan yang lebih pendek dari panjangnya. Ciri lemparan ini : bola dilemparkan di samping kanan/kiri, terletak di atas telinga kiri/kanan dan penerima ada di kiri kanan pelempar. Di samping operan-operan tersebut di atas, masih ada lagi macam-macam operan yang pada hakekatnya adalah merupakan kombinasi dari operan tersebut di atas.
  • Teknik Dasar Menggiring Bola (Dribling)
         Dribbling atau memantul-mantulkan bola (membawa bola) dapat dilakukan dengan sikapberhenti, berjalan atau berlari. Pelaksanaannya dapat dikerjakan dengan tangan kanan atau tangan kiri,  seperti :
         1. Dribble rendah
         2. Dribble tinggi
         3. Dribble lambat
         4. Dribble cepat
  • Menembak Bola ke ring (Shooting)
           Cara memasukkan bola atau menembak (shooting)
           Bila dilihat dari posisi badannya terhadap papan maka dapat dibedakan :
  1. Menghadap papan (facing shoot)
  2. Membelakngi papan (back up shoot)
    • Sedang cara pelaksanaannya dapat dilakukan dengan sikap berhenti, memutar, melompat dan berlari.
  3. Menghadap papan dengan sikap berhenti :
  4. tembakan dua tangan dari dada (two handed set shoot)
  5. tembakan dua tangan dari atas kepala (two handed over head set shoot)
  6. tembakan satu tangan (one hand set shoot)
  7. tembakan satu tangan dari atas kepala (one hand over head shoot)
  8. Menghadap papan dengan sikap melompat
  9. Menghadap papan dengan sikap lari
  10. Membelakangi papan dengan sikap berhenti
  11. Membelakangi papan dengan sikap melompat

Perlengkapan Teknik diantaranya :
  1. Lapangan Permainan
    • Berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang 26 m dan lebar 14 m yang diukur dari pinggir garis batas. Variasi ukuran diperolehkan dengna menambah atau mengurangi ukuran panjang 2 m serta menambah atau mengurangi ukuran lebar 1 m. Di lapangan ini terdapat beberapa ukuran seperti : lingakaran tengah, dan lain sebagainya yang secara jelas dan terperinci akan diuraikan dalam gambar di bawah nanti.
  2. Papan Pantul
    • Papan pantul dibuat dari kayu keras setebal 3 cm atau dari bahan transparant yang cocok. Papan pantul berukuran panjang 180 cm dan lebar 120 cm.. Tinggi papan, 275 cm dari permukaan lantai sampai ke bagian bawah papan, dan terletak tegak lurus 120 cm jaraknya dari titik tengah garis akhir lapangan.
    • ini gambarnya
    • bisa di lihat
    • selanjutnya
  3. Ring Basket
    • Keranjang terdiri dari Ring dan Jala. Ring tersebut dari besi yang keras dengan garis tengah 45 cm berwarna jingga. Tinggi ring 305 cm dari permukaan lantai dan dipasang dipermukaan papan pantaul dengan jarak 15 cm. Sedangkan jala terdiri dari tambah putih digantung pada ring. Panjang jala 40 cm.












Cukup sekian dulu deh penjelasan tentang permainan bola basket.
terimakasih semoga bermanfaat  bagi kalian yang mau belajar permaninan bola basket ini dan bagi kalian juga yang sedang mencari tugas tentang permainan bola basket artikel ini boleh kalian copas deh.

Kunjungi artikel menarik saya yang lain dan tak kalah lebih penting di arsip blog saya.

terimakasih.






2 komentar:

  1. Thanks ya sob udah share , blog ini sangat membantu saya sekali ..............






    biro tiket pesawat

    BalasHapus
  2. kalau boleh tahu apa sih sebenarnya pengertian sepak bola, bagaimana cara cepat agar kita bisa menguasai semua teknik dasar sepak bola dan ternyata banyak juga ya peraturan permainan sepak bola,terimakasih informasi nya sangat membantu terkait dengan permainan sepak bola

    BalasHapus